Senin, 23 Maret 2009

mentahan data RPP

i
MODEL
PT TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI
SOLO
Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Kuswanto, Suparman, Fatimah
Ilmu Pengetahuan Sosial
Geografi
2
Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
untuk Kelas VIII SMP dan MTs
ii
Ilmu Pengetahuan Sosial
Geografi
2
untuk Kelas VIII SMP dan MTs
Penulis : Kuswanto, Suparman, Fatimah
Editor : Agustina Sari N.
Perancang kulit : Yulius Widi Nugroho
Perancang tata letak isi : Yulius Widi Nugroho
Penata letak isi : Djoko Waluyo
Tahun terbit : 2007
Diset dengan Power Mac G4, font : Times 10 pt
Preliminary : iv
Halaman isi : 44 hlm.
Ukuran buku : 14,8 x 21 cm
Ketentuan Pidana Sanksi Pelanggaran
Pasal 72
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002
Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1987
tentang Hak Cipta
1. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak mengumumkan atau
memperbanyak suatu ciptaan atau memberi izin untuk itu, dipidana
dengan pidana penjara paling sedikit (satu) bulan dan/atau denda
paling sedikit Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara
paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak
Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
2. Barang siapa dengan sengaja menyerahkan, menyiarkan,
memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum sesuatu
ciptaan barang atau hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkait
sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dipidana dengan pidana
penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak
Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
© Hak cipta dilindungi
oleh undang-undang.
All rights reserved.
Penerbit
PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
Jalan Dr. Supomo 23 Solo
Anggota IKAPI No. 19
Tel. 0271-714344,
Faks. 0271-713607
e-mail:
tspm@tigaserangkai.co.id
Dicetak oleh percetakan
PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
MODEL
Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
iii
Kata Pengantar
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,
dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional
yang disusun dan dilaksanakan di tiap-tiap satuan pendidikan.
Buku model silabus dan RPP ini disusun dengan tujuan utama untuk membantu
Bapak/Ibu Guru agar lebih mendalami dan mengembangkan bentuk-bentuk variasi
model silabus dan RPP.
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema
tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber
atau alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi
dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan proses
pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar,
metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
Adapun buku sumber relevan sebagai acuan pokok untuk pembelajaran adalah
buku Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi SMP oleh Kuswanto terbitan PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri.
Semoga buku ini dapat bermanfaat di lapangan.
Solo, Januari 2007
Penulis
iv
Daftar Isi
Kata Pengantar ________________________________________________ iii
Daftar Isi _____________________________________________________ iv
Silabus ______________________________________________________ 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) __________________________ 8
Daftar Pustaka ________________________________________________ 43
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 1
Silabus
Nama Sekolah : SMP/MTs ...
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi
Kelas : VIII (delapan)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kegiatan
Pembelajaran Indikator
Sumber
Bahan/Alat
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Alokasi
Waktu Teknik
Penilaian
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
Contoh
Instrumen
• Mengamati peta
tentang posisi
geografis dan letak
geografis Indonesia
• Melakukan diskusi
tentang kaitan letak
astronomis,
geologis, kultur
historis, sosial, dan
ekonomis
• Mengkaji pengaruh
letak geografis
terhadap
perubahan musim
di Indonesia
• Mendeskripsikan
luas dan bentuk
kepulauan
Indonesia
• Menunjukkan letak
geografis (posisi
geografis, letak
geografis)
Indonesia
• Menganalisis
hubungan posisi
geografis dengan
kondisi
permubahan musim
di Indonesia
• Mengidentifikasi
penyebab
terjadinya
perubahan musim
dan pengaruhnya
pada kehidupan
• Mengidentifikasi
bentuk muka bumi
pegunungan
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Penugasan
Bentuk
Instrumen
Tes uraian
Tes uraian
Tugas
rumah
• Sebutkan letak lintang
dan bujur wilayah
Indonesia!
• Jelaskan kaitan posisi
geografis dengan
perubahan musim di
Indonesia.
• Buatlah peta pergerakan
angin muson di
Indonesia!
• Buatlah peta geografis
Indonesia
10 jam
pembelajaran
• Peta
Indonesia
• Peta
• Globe
• Peta
pembagian
wilayah
waktu di
Indonesia
• Peta angin
muson di
Indonesia
• Buku
Geografi
SMP 2, Drs.
Kuswanto,
PT Tiga
Serangkai
Kompetensi
Dasar
1.1 Mendeskripsikan
kondisi
fisik
wilayah
dan
penduduk
• Letak
wilayah
Indonesia
• Kondisi fisik
wilayah daratan
Indonesia
dan pengaruhnya
pada
penduduk
• Kondisi
penduduk
Indonesia
2 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
• Perkembangan
jumlah
penduduk
Indonesia
• Faktor-faktor
yang
memengaruhi
pertumbuhan
penduduk
• Tingkat
kepadatan
penduduk
tiap provinsi
• Komposisi
penduduk
Indonesia
• Sex ratio,
beban ketergantungan,
dan angka
ketergantungan
• Mengamati dan
melakukan tanya
jawab
perkembangan
jumlah penduduk
Indonesia
• Melakukan diskusi
tentang faktor yang
memengaruhi
pertumbuhan
penduduk
• Menghitung
kepadatan
penduduk dan
mengamati peta
dan tabel kepadatan
penduduk
Indonesia
• Melakukan diskusi
tentang komposisi
penduduk
• Membuat macammacam
bentuk
piramida penduduk
• Menghitung sex
ratio dan beban
ketergantungan
• Melakukan tanya
jawab tentang usia
harapan hidup
• Mendeskripsikan
perkembangan
jumlah penduduk
Indonesia
• Mendeskripsikan
faktor-faktor yang
memengaruhi
pertumbuhan
penduduk
• Mendeskripsikan
tingkat kepadatan
penduduk tiap
provinsi
• Mendeskripsikan
komposisi
penduduk
• Mendeskripsikan
sex ratio, beban
ketergantungan,
dan angka harapan
hidup
Proyek
Tes uraian
Tugas
petik kerja
produk
Tes uraian
Tes uraian
• Mengapa terjadi ledakan
penduduk tahun
1980?
• Sebutkan faktor-faktor
yang memengaruhi
pertumbuhan
penduduk alami!
• Buatlah peta
kepadatan penduduk
antarpovinsi di
Indonesia!
• Jelaskan macammacam
komposisi
penduduk Indonesia!
• Jelaskan ciri-ciri
piramida penduduk
Indonesia!
• Jika di suatu daerah
jumlah penduduk lakilaki
100 dan jumlah
penduduk perempuan
120, berapakah sex
ratio-nya?
• Peta
Indonesia
• Atlas
• Peta
persebaran
penduduk di
Indonesia
• Gambargambar
yang
relevan
• Buku
Geografi
SMP 2, Drs.
Kuswanto,
PT Tiga
Serangkai
Tes
penugasan
Tes
tertulis
Tes
unjuk
kerja
Tes
tertulis
Tes
tertulis
8 jam
pembelajaran
1.2 Mengidentifikasi
permasalahan
kependudukan
dan
upaya
penanggulangannya
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 3
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
• Mendeskripsikan
dampak ledakan
penduduk
• Mendeskripsikan
jenis-jenis migrasi
dan dampaknya
• Mendeskripsikan
permasalahan
penduduk
Indonesia
• Mendeskripsikan
unsur-unsur
lingkungan
• Mendeskripsikan
arti penting
lingkungan bagi
kehidupan
• Mendeskripsikan
bentuk-bentuk
kerusakan
lingkungan hidup
• Melakukan diskusi
tentang dampak
dan upaya
penanggulangan
ledakan penduduk
• Tanya jawab
tentang lingkungan
hidup dan unsurunsurnya
• Tanya jawab
tentang arti penting
lingkungan bagi
kehidupan
• Diskusi tentang
kerusakan
lingkungan hidup
dan faktor-faktor
penyebabnya
• Dampak
ledakan
penduduk
• Unsur-unsur
lingkungan
• Arti penting
lingkungan
bagi
kehidupan
• Bentukbentuk
kerusakan
lingkungan
hidup
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
Daftar
pertanyaan
Tes uraian
Tes uji
kerja
produk
• Angka usia harapan
hidup suatu negara adalah
65. Apa artinya?
• Jelaskan upaya
mengatasi ledakan
penduduk!
• Sebutkan tiga unsur
lingkungan hidup!
• Jelaskan manfaat
hutan bagi kehidupan!
• Buatlah kliping berupa
gambar atau berita dari
media cetak masingmasing
lima buah
tentang kerusakan
lingkungan alam yang
disebabkan oleh alam
dan manusia!
• Peta
Indonesia
• Gambargambar
lingkungan
hidup
• Buku-buku
yang
relevan
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes lisan
Tes
tertulis
Tes lisan
Tes
tertulis
8 jam
pembelajaran
1.3 Mendeskripsikan
permasalahan
lingkungan
dan upaya
penanggulangannya
dalam
pembangunan
berkelanjutan
4 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
• Contoh usaha
pelestarian
lingkungan
hidup
• Upaya
penanggulangan
dalam
pembangunan
• Pembangunan
berwawasan
Amdal
• Peranan
Amdal dalam
pengelolaan
lingkungan
dan perencanaan
proyek
pembangunan
• Permasalahan
kependudukan
di
Indonesia
• Permasalahan
kependudukan
dan
dampaknya
terhadap
pembangunan
• Tujuan
pembangunan
nasional
• Diskusi tentang
usaha pelestarian
lingkungan hidup
• Mendiskusikan
tentang
pembangunan
berwawasan
lingkungan
• Diskusi Amdal
• Membaca buku
sumber tentang
pengelolaan
lingkungan dan
perencanaan Amdal
• Diskusi tentang
permasalahan
penduduk
• Mencari berita/
artikel tentang
dampak
permasalahan
penduduk terhadap
pembangunan
• Memahami tentang
tujuan pembangunan
nasional
• Mendeskripsikan
contoh usaha
pelestarian
lingkungan hidup
• Mendeskripsikan
upaya penanggulangan
dalam
pembangunan
berwawasan
lingkungan
• Mendeskripsikan
peranan Amdal
dalam peneglolaan
lingkungan dan
perencanaan
proyek
pembangunan
• Menjelaskan permasalahan
kuantitas
penduduk (kuantitas
dan kualitas)
• Mengidentifikasi
dampak
permasalahan
penduduk terhadap
pembangunan
• Mendiskusikan
tentang Amdal
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
• Berilah contoh usaha
untuk melestarikan
daerah aliran sungai!
• Jelaskan yang
dimaksud dengan
pembangunan
berwawasan
lingkungan!
• Bagaimana peranan
Amdal dalam
pelaksanaan
pembangunan?
• Sebutkan tiga
permasalahan utama
bidang kependudukan
di Indonesia!
• Jelaskan pengaruh
kepadatan penduduk
yang tidak merata bagi
pembangunan di
daerah yang jarang
penduduknya!
• Apakah Indonesia
sudah mencapai tujuan
yang dikehendaki?
Tes unjuk
kerja
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
4 jam
pembelajaran
1.4 Mendeskripsikan
permasalahan
kependudukan
dan dampaknya
terhadap
pembangunan
• Peta
• Atlas
• Data
kependudukan
• Internet
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 5
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Materi
Pokok/
Pembelajaran
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
• Pengertian
hubungan
sosial
• Hubungan
sosial antarindividu
dan
antarkelompok
• Timbulnya
norma sosial
dan peran
sosial
• Status sosial
• Interaksi sosial
yang dipengaruhi
oleh
peran dan
status sosial
• Pengertian
pranata
sosial
Kegiatan
Pembelajaran Indikator
Sumber
Bahan/Alat
Alokasi
Waktu Teknik
Penilaian
Contoh
Instrumen
• Menjelaskan
pengertian
hubungan sosial
• Melakukan diskusi
tentang hubungan
sosial
• Melakukan tanya
jawab tentang norma
sosial, peran sosial,
dan status sosial
• Melakukan diskusi
tentang interaksi
sosial
• Menjelaskan
pengertian dan ciriciri
pranata sosial
• Melakukan diskusi
tentang pranata
sosial
• Mendeskripsikan
pengertian
hubungan sosial
• Mendeskripsikan
hubungan
antarindividu dan
antarkelompok
• Mengidentifikasikan
tumbuhnya norma
sosial dan peran
sosial
• Mendeskripsikan
interaksi sosial
yang dipengaruhi
oleh peran dan
status sosial
• Mendeskripsikan
pengertian pranata
sosial
• Mendeskripsikan
dan memberi
contoh peran dalam
masyarakat
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Penugasan
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Bentuk
Instrumen
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
PR
Tes uraian
Tes uraian
• Apakah yang dimaksud
hubungan sosial?
• Jelaskan manfaat
hubungan sosial!
• Jelaskan pengertian
norma sosial dan
peran sosial
• Berikan beberapa
contoh status sosialdi
masyarakat!
• Apa tujuan interaksi
sosial?
• Sebutkan ciri-ciri
pranata sosial!
6 jam
pembelajaran
4 jam
pembelajaran
• Gambar
hubunganhubungan
sosial
• Buku yang
relevan
• Gambargambar
contoh
pranata
sosial di
masyarakat
Kompetensi
Dasar
6.1 Mendeskripsikan
bentukbentuk
hubungan
sosial
6.2 Mendeskripsikan
pranata
sosial
dalam
kehidupan
masyarakat
6 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
• Peran
pranata
sosial dalam
masyarakat
• Berbagai
penyakit
sosial
sebagai
akibat
penyimpangan
sosial dalam
keluarga dan
masyarakat
• Berbagai
upaya
pencegahan
penyimpangan
sosial dalam
keluarga dan
masyarakat
• Pengertian
pengendalian
penyimpangan
sosial
• Jenis-jenis,
tujuan, sifat,
dan cara
pelaksanaan
pengendalian
penyimpangan
sosial
• Membaca kasus
penyimpangan
sosial di
masyarakat dari
media cetak
• Melakukan diskusi
berbagai penyakit
sosial di
masyarakat
• Mencari contoh
bentuk-bentuk
penyimpangan
sosial dalam
keluarga dan
masyarakat
• Diskusi tentang
jenis, tujuan, sifat,
dan cara
pengendalian
penyimpangan
sosial
• Tanya jawab tentang
alat-alat pengendalian
penyimpangan
sosial
• Diskusi mengenai
peranan pranata
sosial
• Mengidentifikasi
penyimpangan
sosial dalam
keluarga dan
masyarakat
• Mengidentifikasi
berbagai penyakit
sosial di
masyarakat
• Mengidentifikasi
penyimpangan
sosial dalam
keluarga dan
masyarakat
• Mendeskripsikan
berbagai penyakit
sosial di masyarakat
• Mengidentifikasi contoh
penyimpangan
sosial yang terjadi
dalam keluarga dan
masyarakat
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
PR
Tes uraian
• Jelaskan perbedaan
pranata ekonomi
dengan pranata
pendidikan!
• Berikan tiga contoh
penyimpangan sosial
yang terjadi dalam
keluarga!
• Deskripsikan macammacam
penyakit sosial
di masyarakat!
• Carilah contoh
penyimpangan sosial
yang terjadi di
masyarakat!
• Bagaimana cara
menunjukkan sikap
simpati terhadap
perilaku
penyimpangan?
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
4 jam
pembelajaran
6.3 Mendeskripsikan
upaya
pengendalian
penyimpangan
sosial
Buku yang
relevan
• Gambar
perilakuperilaku
penyimpangan
sosial
• Buku yang
relevan
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 7
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
• Alat dan
macam
pengendalian
penyimpangan
sosial
• Mendeskripsikan
sikap simpati
terhadap perilaku
penyimpangan
• Mendeskripsikan
bentuk-bentuk perilaku
penyimpangan
• Mendeskripsikan
sifat-sifat penyimpangan
• Mendeskripsikan
pengertian tentang
pengendalian sosial
• Menyebutkan jenisjenis,
tujuan, sifat,
dan cara pelaksanaan
pengendalian
penyimpangan
sosial
Tes uraian • Tunjukkan bentukbentuk
perilaku
penyimpangan.
• Sebutkan sifat-sifat
penyimpangan.
• Sebutkan manfaat
pengendalian sosial.
Tes
tertulis
• Mendeskripsikan
alat dan macam
pengendalian
penyimpangan
sosial
Tes
tertulis
Tes uraian • Jelaskan tujuan
pengendalian sosial.
• Cara pengendalian
penyimpangan
sosial, pihak
pengendali,
dan yang
mengendalikan
• Peranan
pranata
sosial dalam
pengendalian
penyimpangan
sosial
• Mengidentifikasi
cara pengendalian
penyimpnagan
sosial, pihak
pengendali, dan
yang dikendalikan
• Mendeskripsikan
peranan pranata
sosial dalam
pengendalian
penyimpangan
sosial
• Jelaskan peranan
pranata agama dalam
pengendalian sosial.
Tes
tertulis
Tes uraian
8 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SMP/MTs : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi Waktu : 10 jam pembelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan
pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator : 1. Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak
geografis) Indonesia
2. Menganalisis hubungan posisi geografis dengan
kondisi perubahan musim di Indonesia
3. Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan
musim dan pengaruhnya pada kehidupan
4. Mengidentifikasi bentuk muka bumi pegunungan
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis Indonesia);
2. menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia;
3. mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan pengaruhnya
pada kehidupan;
4. mengidentifikasi bentuk muka bumi dan kehidupan.
B. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. letak wilayah Indonesia;
2. kondisi fisik wilayah daratan Indonesia dan pengaruhnya pada penduduk;
3. kondisi penduduk Indonesia.
C. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. ceramah bervariasi;
2. diskusi;
3. tanya jawab;
4. simulasi;
5. observasi/pengamatan.
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 9
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Pendahuluan
a. Guru memeriksa kehadiran siwa, kebersihan, dan kerapian kelas.
b. Motivasi : Mengapa letak Indonesia strategis?
c. Apersepsi : Sebutkan nama benua dan samudra yang paling dekat
dengan Indonesia!
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa untuk memerhatikan peta.
b. Siswa menyebutkan letak geografis dan letak astronomis Indonesia.
c. Guru menjelaskan posisi geografis dan letak astronomis.
d. Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis
b. Refleksi : Siswa mampu menunjukkan letak geografis dan letak
astronomis.
Pertemuan Ke-2
1. Pendahuluan
a. Guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan, dan kerapian kelas.
b. Motivasi : Siswa diminta melihat cuaca hari ini.
c. Apersepsi : – Sebutkan letak geografis Indonesia!
– Sebutkan letak astronomis Indonesia!
– Musim di Indonesia dibedakan menjadi berapa dan
sebutkan!
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa untuk memerhatikan peta.
b. Siswa diminta menunjukkan perubahan musim.
c. Guru menjelaskan kaitan letak geografis, iklim, dan waktu.
d. Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis
b. Refleksi : Siswa mampu menunjukkan perubahan musim dan
menjelaskan kaitan letak geografis dan iklim.
Pertemuan Ke-3
1. Pendahuluan
a. Guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan, dan kerapian kelas.
b. Motivasi : Musim penghujan atau kemaraukah sekarang?
c. Apersepsi : Ada berapa musim di negara kita?
10 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa untuk memerhatikan peta.
b. Siswa menyebutkan musim di Indonesia.
c. Guru menjelaskan musim di Indonesia.
d. Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
3. Penutup
a. Penilaian : Penugasan
b. Refleksi : Siswa mampu mengerjakan tugas individu dengan
menuliskan perubahan musim di Indonesia.
Pertemuan Ke-4
1. Pendahuluan
a. Guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan, dan kerapian kelas.
b. Apersepsi : Sebutkan contoh kondisi fisik yang baik bagi manusia!
c. Motivasi : Sebutkan ciri-ciri kondisi fisik di Indonesia!
2. Kegiatan Inti
a. Guru menginformasikan kondisi fisik di wilayah Indonesia.
b. Guru melakukan tanya jawab tentang pengaruh kondisi fisik terhadap
penduduk.
c. Siswa membuat rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan
guru.
d. Guru menjelaskan tentang pemanfaatan kondisi fisik suatu wilayah.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis.
b. Refleksi : Siswa mampu menyebutkan dampak positif dan negatif
kondisi wilayah di Indonesia.
Pertemuan Ke-5
1. Pendahuluan
a. Guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan, dan kerapian kelas.
b. Apersepsi : Sebutkan contoh deretan pegunungan di Indonesia!
c. Motivasi : Sebutkan bentuk-bentuk muka bumi!
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan macam-macam kondisi fisik di Indonesia.
b. Guru menjelaskan bentuk muka bumi dan bangunan di Indonesia.
c. Siswa membuat rangkuman tentang macam-macam kondisi fisik Indonesia,
bentuk muka bumi, dan deretan pegunungan.
d. Guru menjelaskan tentang pemanfaatan dan pengaruh kondisi fisik.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis.
b. Refleksi : Siswa dapat menyebutkan jenis tanah dan pemanfaatannya.
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 11
E. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber dan media pembelajaran dalam bab ini adalah sebagai berikut.
• Buku IPS Geografi SMP 2, Drs. Kuswanto, PT Tiga Serangkai
• Peta
• Atlas
• Gambar-gambar ketampakan bumi.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes lisan
b. Tes tertulis
c. Tes penugasan
d. Tes demonstrasi
e. Tes diskusi
2. Bentuk Instrumen
a. Daftar pertanyaan e. Pekerjaan rumah
b. Tes isian f. Rangkuman
c. Tes pilihan ganda g. Lembar diskusi
d. Tes uraian h. Portofolio
3. Soal/Instrumen
a. Diskusi
Diskusikan dengan kelompok belajarmu mengenai cagar alam dan suaka
margasatwa!
b. Penugasan
Gambarkan dan jelaskan posisi angin musim timur di Indonesia!
c. Portofolio
Tuliskan secara ringkas tentang daerah setempat dengan menggunakan
data geografis!
d. Lembar diskusi
Diskusikan bersama kelompok belajarmu tentang pembagian waktu di
beberapa kota di Indonesia.
Kota A Kota B
1. Medan pukul 17.00 1. Denpasar pukul ....
2. Pontianak pukul 06.00 2. Semarang pukul ....
3. Papua pukul 20.00 3. Kupang pukul ....
4. Yogyakarta pukul 17.00 4. Aceh pukul ....
5. Manado pukul 11.00 5. Ambon pukul ....
12 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
e. Pilihan ganda
1. Letak negara berdasarkan keadaan batuan di dalam tubuh buminya
disebut ....
a. letak geografis
b. letak geologis
c. letak astronomis
d. letak sosial ekonomis
2. Indonesia berdasarkan urutan jumlah penduduk dunia menduduki ....
a. urutan 1
b. urutan 2
c. urutan 3
d. urutan 4
3. Perbedaan tinggi rendah permukaan bumi disebut ....
a. topografi
b. topologi
c. toponimi
d. relief
4. Pegunungan Bukit Barisan merupakan bagian ujung ....
a. Sirkum Mediterania
b. busur luar
c. Sirkum Pasifik
d. Srikum Atlantik
5. Tinggi rendahnya taraf hidup seseorang bergantung dari ....
a. pendidikan
b. penghasilan
c. kesehatan
d. pekerjaan
................................2007
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(_______________) (_________________)
NIP. ......................... NIP. ...........................
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 13
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SMP/MTs : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi Waktu : 8 jam pembelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan
jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan
upaya penanggulangannya
Indikator : 1. Mendeskripsikan perkembangan jumlah penduduk
Indonesia
2. Mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan
penduduk
3. Mendeskripsikan tingkat kepadatan penduduk tiap provinsi
4. Mendeskripsikan komposisi penduduk
5. Mendeskripsikan sex ratio, beban ketergantungan, dan
angka harapan hidup
6. Mendeskripsikan dampak ledakan penduduk
7. Mendeskripsikan jenis-jenis migrasi dan dampaknya
8. Mendeskripsikan permasalahan penduduk di Indonesia
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
1. mendeskripsikan perkembangan jumlah penduduk Indonesia;
2. mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk;
3. mendeskripsikan tingkat kepadatan penduduk tiap provinsi;
4. mendeskripsikan komposisi penduduk;
5. mendeskripsikan sex ratio, beban ketergantungan, dan angka harapan hidup;
6. mendeskripsikan dampak ledakan penduduk;
7. mendeskripsikan jenis-jenis migrasi dan dampaknya;
8. mendeskripsikan permasalahan penduduk di Indonesia.
B. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. perkembangan jumlah penduduk Indonesia;
2. faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk;
3. tingkat kepadatan penduduk tiap provinsi;
4. komposisi penduduk Indonesia;
5. sex ratio, beban ketergantungan, dan angka ketergantungan;
6. dampak ledakan penduduk.
14 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
C. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. ceramah bervariasi; 4. tanya jawab;
2. diskusi; 5. simulasi;
3. inkuiri; 6. observasi/pengamatan.
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Guru melakukan tanya jawab tentang perubahan jumlah
penduduk.
b. Motivasi : Mengapa penduduk Indonesia jumlahnya bertambah
dengan cepat?
2. Kegiatan Inti
a. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi.
b. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang:
– faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk;
– menghitung angka kelahiran dan kematian;
– faktor-faktor penunjang kelahiran dan kematian.
c. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
d. Guru melakukan penilaian dari hasil pengamatan terhadap pelaksanaan
diskusi dan presentasi.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes penugasan
b. Refleksi : Siswa melakukan tugas individu, yaitu menghitung angka
kelahiran dan angka kematian.
Pertemuan Ke-2
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Salah satu siswa maju ke depan kelas untuk dapat menunjukkan
pulau yang paling padat penduduknya di
Indonesia pada peta tematik.
b. Motivasi : Mengapa Pulau Jawa merupakan pulau yang terpadat
penduduknya di Indonesia?
2. Kegiatan Inti
a. Guru membagi siswa dalam empat kelompok.
b. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi.
c. Setiap kelompok mendiskusikan tentang angka/beban ketergantungan
di Indonesia yang tinggi.
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 15
d. Seorang siswa dari setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
e. Guru melakukan penilaian dari hasil pengamatan selama pelaksanaan
diskusi dan presentasi.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis dan unjuk kerja.
b. Refleksi : Siswa mampu mengerjakan tugas individu, yaitu membuat
peta kepadatan penduduk antarprovinsi di Indonesia.
Pertemuan Ke-3
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Guru bertanya kepada siswa tentang rata-rata usia warga
di lingkungannya yang meninggal.
b. Motivasi : Mengapa penduduk di Jawa jumlahnya terus bertambah?
2. Kegiatan Inti
a. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dan memandu diskusi
untuk melaksanakan diskusi.
b. Setiap kelompok mendiskusikan tentang dampak dan upaya penanggulangan
ledakan penduduk.
c. Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
d. Guru melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi
dan presentasi.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis.
b. Refleksi : Siswa mampu mengerjakan tugas individu, yaitu membuat
peta tentang grafik kependudukan di daerahnya.
Pertemuan Ke-4
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Guru bertanya kepada siswa, adakah warga di lingkungannya
yang merantau ke luar kota?
b. Motivasi : Siswa diminta untuk mengamati suatu gambar tentang
permukiman kumuh di kotanya.
2. Kegiatan Inti
a. Guru melakukan tanya jawab tentang jenis-jenis kepadatan penduduk.
b. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi.
c. Tiap-tiap kelompok berdiskusi tentang dampak dan usaha penanggulangan
migrasi.
d. Ketua kelompok mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing
kelompoknya.
e. Guru melakukan penilaian dari hasil pengamatan pada saat pelaksanaan
diskusi dan presentasi.
16 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis
b. Refleksi : Guru memberikan tugas individu, yaitu mencari data
penduduk yang datang dan yang pergi di daerahnya pada
satu bulan.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber dan media pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. peta;
2. atlas;
3. globe;
4. lembar penilaian psikomotorik;
5. buku Geografi yang relevan.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
b. Tes identifikasi
c. Tes uji petik kerja produk
3. Soal Instrumen
a. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan alam!
b. Angka kelahiran suatu daerah 34, apa artinya?
c. Deskripsikan empat faktor penunjang kelahiran!
d. Identifikasikan ciri-ciri piramida penduduk limas!
e. Jika suatu daerah jumlah penduduk laki-lakinya 100 dan jumlah
penduduk perempuannya 120. Berapakah sex ratio-nya?
f. Angka usia harapan hidup suatu negara 65, apa artinya?
Bentuk tes uji kerja produk berupa tugas sebagai berikut.
No. Istilah Pengertian Contoh
1. Remigrasi
2. Imigrasi
3. Evakuasi
4. Emigrasi
5. Ferensen
6. Turisme
7. Weekend
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 17
Bentuk tes identifikasi berupa tugas sebagai berikut.
Wawancarailah beberapa orang temanmu dengan pertanyaan-pertanyaan di
bawah ini!
1. Bagaimanakah pertumbuhan penduduk di Indonesia?
2. Mengapa Pulau Jawa sangat padat penduduknya?
3. Apa yang menyebabkan seseorang mempunyai tingkat kesejahteraan tinggi?
4. Apa hubungan tingkat pendidikan dengan tingkat pendapatan?
Simpulkan hasil wawancaramu untuk bahan diskusi!
................................2007
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(_______________) (_________________)
NIP. ......................... NIP. ...........................
18 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SMP/MTs : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi Waktu : 8 jam pembelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan
pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.3 Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan
upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Indikator : 1. Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan
2. Mendeskripsikan arti penting lingkungan bagi kehidupan
3. Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan
hidup
4. Mengindentifikasi contoh usaha pelestarian lingkungan
hidup
5. Mendeskripsikan upaya penanggulangan dalam pembangunan
berwawasan lingkungan
6. Mendeskripsikan peranan amdal dalam pengelolaan
lingkungan dan perencanaan proyek pembangunan
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
1. mengidentifikasikan unsur-unsur lingkungan;
2. mendeskripsikan arti penting lingkungan bagi kehidupan;
3. mendeskripsikan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup;
4. mengidentifikasikan contoh usaha pelestarian lingkungan hidup;
5. mendeskripsikan upaya penanggulangan dalam pembangunan berwawasan
lingkungan;
6. mendeskripsikan peranan amdal dalam pengelolaan lingkungan dan
perencanaan proyek pembangunan.
B. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. unsur-unsur lingkungan;
2. arti penting lingkungan bagi kehidupan;
3. bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup;
4. contoh usaha pelestarian lingkungan hidup;
5. upaya penanggulangan dalam pembangunan;
6. pembangunan berwawasan lingkungan;
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 19
7. pembangunan memerlukan amdal;
8. peranan amdal dalam pengelolaan lingkungan dan perencanaan proyek
pembangunan.
C. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. ceramah bervariasi;
2. diskusi;
3. inkuiri;
4. tanya jawab;
5. observasi pengamatan.
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : bagaimana keadaan lingkungan di sekitar kalian?
b. Motivasi : Siswa diminta menyampaikan keadaan lingkungan di
sekitar tempat tinggalnya.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa diberi tugas mengamati lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.
b. Guru melakukan tanya jawab tentang perbedaan keadaan lingkungan
masing-masing siswa.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes lisan dan tertulis
b. Refleksi : Siswa mengungkapkan secara lisan keadaan lingkungannya
sendiri-sendiri.
Pertemuan Ke-2
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Jelaskan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup
beserta faktor penyebabnya!
b. Motivasi : Menceritakan tentang bentuk-bentuk kerusakan lingkungan
dan faktor-faktor penyebabnya.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mencontohkan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup.
b. Guru menjelaskan faktor penyebab kerusakan lingkungan hidup.
c. Guru mencontohkan usaha pelestarian lingkungan hidup.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis dan tes unjuk kerja.
b. Refleksi : • Siswa menyimpulkan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan
hidup beserta faktor penyebabnya.
• Siswa mendemonstrasikan usaha pelestarian lingkungan.
20 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
Pertemuan Ke-3 dan 4
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : – Jelaskan hakikat pengertian pembangunan!
– Jelaskan ciri-ciri pembangunan berkelanjutan!
b. Motivasi : Menceritakan hasil pembangunan yang ada di lingkungan
siswa masing-masing.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan hakikat pembangunan.
b. Siswa diminta untuk mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
c. Guru memperlihatkan contoh hasil pembangunan yang ada di sekitar
lingkungan tempat tinggal.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis
b. Refleksi : • Siswa menyimpulkan pengertian pembangunan berkelanjutan.
• Siswa menyimpulkan ciri-ciri pembangunan berkelanjutan!
E. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber dan media pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. buku Geografi yang relevan;
2. majalah/gambar tentang kerusakan lingkungan;
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penugasan
b. Demonstrasi/simulasi
c. Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
a. Daftar pertanyaan
b. Tes isian singkat
c. Tes pilihan ganda
d. Tes uraian
e. PR
f. Portofolio
3. Soal/Instrumen
a. Tes tertulis
1) Seberapa pentingkah lingkungan hidup bagi manusia?
2) Mengapa lingkungan hidup dikatakan sebagai muara benturan?
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 21
b. Penugasan
Catatlah hal-hal yang menarik pada materi tentang lingkungan hidup!
c. Portofolio
Diskusikan tentang terjadinya kasus di Lapindo!
d. Soal pilihan ganda
Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (x) pada
huruf a, b, c, atau d!
1. Faktor yang memengaruhi lingkungan hidup berupa nonmaterial,
misalnya ....
a. bukit yang tandus
b. kebisingan
c. komponen biofisik
d. ruangan yang terdapat orang merokok
2. Komponen yang berhubungan dengan cipta, rasa, dan karsa
merupakan unsur-unsur lingkungan ....
a. unsur fisik
b. unsur biotik
c. unsur budaya
d. unsur abiotik
3. Dalam piramida makanan, komponen yang berada di bagian paling
bawah disebut ....
a. produsen
b. konsumen I
c. konsumen II
d. konsumen III
4. Rentetan masalah dunia berkaitan dengan lingkungan hidup
adalah ....
a. sumber daya manusia
b. sosial
c. pendapatan
d. ekonomi
5. Hal-hal yang tidak diakibatkan karena pencemaran suara adalah
....
a. gangguan jantung
b. pernapasan
c. perasaan gelisah
d. penyakit mata
22 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
e. Pekerjaan rumah
Carilah salah satu gambar akibat terjadinya pencemaran lingkungan.
Tuliskan bagaimana mencegah dan menanggulangi agar tidak
merusak lingkungan. Tuliskan pada buku kerjamu dan kumpulkan
kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilaikan!
................................2007
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(_______________) (_________________)
NIP. ......................... NIP. ...........................
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 23
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SMP/MTs : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi Waktu : 4 jam pembelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan
pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.4 Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan
dampaknya terhadap pembangunan
Indikator : 1. Mengidentifikasi masalah kependudukan
2. Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan
dampaknya terhadap pembangunan
3. Mendeskripsikan tujuan pembangunan nasional
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
1. mengidentifikasi masalah kependudukan;
2. mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap
pembangunan;
3. mendeskripsikan tujuan pembangunan nasional.
B. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. permasalahan kependudukan di Indonesia;
2. permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan;
3. tujuan pembangunan nasional.
C. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. ceramah;
2. diskusi;
3. inkuiri;
4. tanya jawab;
5. observasi/pengamatan.
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1. Pendahuluan
a. Guru memeriksa kehadiran siswa.
b. Apersepsi : Guru menjelaskan tentang aspek-aspek kependudukan
dalam suatu negara.
24 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
c. Motivasi : Siswa diminta untuk menyebutkan jumlah penduduk
di Indonesia.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengelompokkan siswa menjadi dua kelompok diskusi. Kelompok
I membahas mengenai permasalahan kuantitas penduduk di Indonesia
dan kelompok II membahas mengenai permasalahan kualitas penduduk
di Indonesia.
b. Guru memberi komando untuk mengatur meja dan kursi beserta
memberi pengarahan serta aturan-aturan dalam diskusi.
c. Guru mengkondisikan diskusi agar berjalan dengan lancar.
d. Setiap kelompok mempersiapkan diri baik materi maupun perlengkapannya.
e. Kelompok I memaparkan tentang permasalahan-permasalahan kuantitas
penduduk, perbandingan antara kondisi kuantitas penduduk di Indonesia
dengan kondisi kuantitas penduduk di negara-negara lain.
f. Kelompok II memaparkan tentang kualitas penduduk Indonesia dan
membandingkan dengan kualitas penduduk negara tetangga.
g. Kelompok I dan II mengumpulkan hasil diskusinya.
h. Guru menanggapi diskusi siswa dan memberi pertanyaan sebagai bahan
PR di rumah. Pertanyaan tersebut, antara lain sebagai berikut.
1) Bagaimana kondisi kuantitas penduduk di Indonesia yang sudah
kamu pelajari?
2) Bagaimana cara mengatasi masalah yang berhubungan dengan
kualitas dan kuantitas penduduk di Indonesia?
3. Penutup
a. Penilaian : Tes uraian dan tugas rumah
b. Refleksi : Siswa mampu mengidentifikasi kualitas dan kuantitas
penduduk Indonesia.
Pertemuan Ke-3 dan Ke-4
1. Pendahuluan
a. Guru memeriksa kehadiran siswa.
b. Apersepsi : Guru menjelaskan aspek-aspek kependudukan dalam
suatu negara.
c. Motivasi : Bagaimana kondisi penduduk di Indonesia?
2. Kegiatan Inti
a. Guru membagi kelas menjadi dua kelompok belajar.
b. Kelompok I memaparkan kondisi penduduk wilayah Indonesia Barat.
c. Kelompok II memaparkan kondisi penduduk Indonesia sehubungan
dengan banyaknya pengangguran dan meningkatnya kemiskinan.
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 25
d. Tiap-tiap kelompok meyimpulkan hasil diskusi dan dinilaikan kepada guru.
e. Guru menutup diskusi dan memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
sehubungan dengan materi diskusi.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis dan penugasan
b. Refleksi : Siswa mampu menyimpulkan kondisi penduduk dan
permasalahan-permasalahannya.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber dan media pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. buku IPS Geografi SMP 2, Drs. Kuswanto, PT Tiga Serangkai;
2. data kependudukan dari BPS;
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penugasan
b. Demonstrasi/simulasi
c. Tes lisan
d. Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
a. Tes lisan
b. Tes uraian
c. PR
d. Simulasi (rubrik)
3. Soal atau Instrumen
a. Tes tertulis
1) Tahun berapa sensus penduduk di Indonesia secara murni dimulai?
2) Setiap berapa tahun sensus dilakukan?
3) Berapa jumlah penduduk Indonesia tahun 2006?
4) Pulau manakah yang terpadat penduduknya?
5) Pulau manakah yang paling jarang penduduknya?
b. Tes Uraian
1) a) Jelaskan mengapa Pulau Jawa menjadi pulau terpadat di Indonesia!
b) Apa akibat yang terjadi dengan padatnya penduduk?
c) Bagaimana cara mengatasi masalah kepadatan penduduk di
Pulau Jawa?
2) a) Bagaimanakah kondisi pendidikan di Indonesia?
b) Bagaimanakah tingkat pendidikan penduduk di Indonesia?
c) Bagaimanakah cara mengatasi masalah-masalah pendidikan
di Indonesia?
26 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
3) a) Bagaimanakah tingkat penghasilan di Indonesia jika dibanding
dengan tingkat penghasilan penduduk di negara-negara lain?
b) Bagaimanakah cara mengatasi masalah penghasilan di Indonesia?
4) a) Bagaimanakah tingkat kesehatan penduduk di Indonesia?
b) Bagimanakah cara mengatasi kesehatan penduduk di Indonesia?
5) Bagaimanakah cara mengatasi problematika mata pencaharian
(perekonomian) penduduk di Indonesia?
................................2007
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(_______________) (_________________)
NIP. ......................... NIP. ...........................
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 27
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SMP/MTs : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 6 jam pembelajaran
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian hubungan sosial
2. Mendeskripsikan hubungan antarindividu dan antarkelompok
3. Mengidentifikasikan timbulnya norma sosial dan peran
sosial
4. Mengidentifikasi status sosial
5. Menggambarkan interaksi sosial yang dipengaruhi oleh
peran dan status sosial
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. mendeskripsikan pengertian hubungan sosial;
2. mendeskripsikan hubungan antarindividu dan antarkelompok;
3. mengidentifikasikan tumbuhnya norma sosial dan peran sosial;
4. mengidentifikasi status sosial;
5. mendeskripsikan interaksi sosial yang dipengaruhi oleh peran dan status sosial.
B. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. pengertian hubungan sosial;
2. hubungan antarindividu dan antarkelopok;
3. timbulnya norma sosial dan peran sosial;
4. status sosial;
5. interaksi sosial yang dipengaruhi oleh peran dan status sosial.
C. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. ceramah bervariasi;
2. diskusi;
3. inkuiri;
4. tanya jawab;
5. simulasi;
6. observasi/pengamatan.
28 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Menunjukkan gambar bentuk-bentuk hubungan sosial.
b. Motivasi : Siswa diminta mengamati gambar-gambar hubungan sosial.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dibagi menjadi empat kelompok belajar.
b. Setiap kelompok mendiskusikan tentang bentuk-bentuk hubungan
sosial.
c. Setiap kelompok menyimpulkan hasil diskusi dan membuat laporan.
d. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok
yang lain memberi masukan/komentar.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis
b. Refleksi : Siswa diberi tugas individu untuk mengumpulkan gambar
bentuk-bentuk hubungan sosial.
Pertemuan Ke-2
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Jelaskan hubungan sosial antarindividu dan antarkelompok.
b. Motivasi : Guru memberi contoh faktor pendorong terjadinya hubungan
sosial.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan penjelasan materi dan diselingi dengan tanya jawab.
b. Guru membagi kelas menjadi dua kelompok.
c. Setiap kelompok mendiskusikan hubungan antarindividu dan antarkelompok.
d. Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
3. Penutup
a. Penilaian : Penugasan
b. Refleksi : Siswa mampu mendeskripsikan faktor pendorong terjadinya
hubungan sosial.
Pertemuan Ke-3
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Siswa menyebutkan berbagai macam norma sosial.
b. Motivasi : Guru menceritakan pentingnya interaksi sosial.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dibagi menjadi empat kelompok.
b. Setiap kelompok mendiskusikan tentang norma sosial, peran sosial,
status sosial, dan interaksi sosial.
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 29
c. Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.
d. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan
kelas.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis.
b. Refleksi : Siswa dapat menerangkan norma sosial, peran sosial, status
sosial, dan interaksi sosial.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber dan media pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. buku Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi SMP kelas VIII terbitan PT Tiga
Serangkai;
2. gambar-gambar hubungan sosial;
3. rubrik simulasi dan rubrik observasi.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes lisan
b. Tes tertulis
c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Daftar pertanyaan
b. Contoh gambar
c. Tes uraian
3. Soal/Instrumen
a. Sebutkan bentuk-bentuk hubungan sosial!
b. Sebutkan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial!
c. Jelaskan dampak-dampak terjadinya hubungan sosial!
d. Jelaskan contoh status sosial dan contoh interaksi sosial!
Bentuk instrumen tes tertulis (pilihan ganda dan esai)
A. Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (x) pada
huruf a, b, c, atau d!
1. Kenakalan remaja di kota-kota besar secara kualitatif menonjol
karena ....
a. kontrol sosial yang rendah
b. banyak tekanan sosial
c. kurangnya akomodasi
d. masyarakat individualistis
30 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
2. Yang tidak menentukan tinggi rendahnya status seseorang adalah ....
a. kelahiran
b. otoritas
c. pemilikan
d. kematian
3. Gambaran tentang suatu konsep yang mengacu pada hubunganhubungan
yang terjadi akibat adanya proses sosial kehidupan
masyarakat disebut ....
a. hubungan internal
b. hubungan eksternal
c. hubungan sosial
d. hubungan kebudayaan
4. Nilai-nilai yang tidak dapat dikemukakan dalam corak kebudayaan
ialah ....
a. nilai kesehatan
b. nilai harapan
c. nilai kehidupan
d. nilai kekuasaan
5. Norma yang sanksinya paling tegas adalah ....
a. norma hukum
b. norma agama
c. norma kesopanan
d. norma kesusilaan
B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan tepat!
1. Apakah pengertian hubungan sosial?
2. Apakah yang dimaksud hubungan sosial antarindividu dan antarkelompok?
3. Bagaimana timbulnya suatu norma sosial?
................................2007
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(_______________) (_________________)
NIP. ......................... NIP. ...........................
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 31
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SMP/MTs : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 6 jam pembelajaran
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 6.2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan
masyarakat
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian pranata sosial
2. Mendeskripsikan dan memberi contoh peran dalam
masyarakat
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
1. mendeskripsikan pengertian pranata sosial;
2. mendeskripsikan dan memberi contoh peran dalam masyarakat.
B. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. pengertian pranata sosial;
2. peran pranata dalam masyarakat.
C. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. interviu;
2. ceramah;
3. diskusi.
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Siswa diminta menyebutkan macam-macam organisasi
dalam masyarakat.
b. Motivasi : Guru menceritakan/mengelompokkan organisasi yang
disebutkan siswa dalam lima macam pranata sosial.
2. Kegiatan Inti
a. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang pranata keluarga,
agama, ekonomi, pendidikan, dan politik.
b. Siswa bertanya kepada guru apabila kurang memahami materi.
32 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis
b. Refleksi : Siswa mengetahui jenis-jenis pranata sosial.
Pertemuan Ke-2
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Bagaimana fungsi dari pranata keluarga, agama, dan
pendidikan.
b. Motivasi : Guru bercerita tentang kehidupan berkeluarga dan
keadaan dunia pendidikan sekarang ini.
2. Kegiatan Inti
a. Guru membagi siswa menjadi tiga kelompok diskusi.
b. Setiap kelompok diberi tugas mempelajari fungsi-fungsi pranata sosial.
Kelompok I : pranata keluarga
Kelompok II : pranata agama
Kelompok III : pranata pendidikan
c. Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi, setelah itu mempresentasikan
di depan kelas hasil diskusinya.
d. Antarkelompok mengadakan tanya jawab tentang perbedaan hasil
diskusi.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis
b. Refleksi : Siswa menyimpulkan fungsi dan peran pranata keluarga,
agama, dan pendidikan.
Pertemuan Ke-3
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Bagaimana fungsi dari pranata ekonomi dan politik.
b. Motovasi : Guru bercerita tentang kehidupan berekonomi dan berpolitik.
2. Kegiatan Inti
a. Guru membagi siswa menjadi empat kelompok diskusi.
b. Setiap kelompok diberi tugas mempelajari fungsi-fungsi pranata sosial
sebagai berikut.
Kelompok I : pranata ekonomi
Kelompok II : pranata ekonomi
Kelompok III : pranata politik
Kelompok IV : pranata politik
c. Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.
d. Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusi.
e. Semua kelompok membahas perbedaan hasil diskusi yang mereka
laksanakan.
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 33
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis
b. Refleksi : Siswa menyimpulkan fungsi dan peran pranata keluarga
dan politik.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber dan media pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. buku Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi SMP kelas VIII, terbitan PT Tiga
Serangkai.
2. gambar-gambar contoh pranata sosial yang ada di masyarakat.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
b. Tes Portofolio
3. Soal/Instrumen
a. Sebutkan macam-macam pranata sosial (5 macam)!
b. Jelaskan fungsi dari masing-masing pranata sosial!
c. Jelaskan definisi pranata sosial!
d. Berikan contoh masing-masing satu dari macam-macam pranata sosial
yang ada di lingkunganmu!
Bentuk tes tertulis (pilihan ganda)
Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf
a, b, c, atau d!
1. Pranata sosial merupakan prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk
mengatur hubungan antarmanusia yang bergabung dalam suatu kelompok
merupakan definisi pranata sosial yang dikemukakan oleh ....
a. Robert Mac
b. Liopole Van Wilse
c. Bintarto
d. Koentjaraningrat
2. Lambang merupakan ciri khas dari ....
a. interaksi sosial
b. hubungan sosial
c. pranata sosial
d. aktivitas sosial
34 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
3. Keluarga yang terdiri atas suami, istri, dan anak kandung disebut keluarga ....
a. inti
b. kecil
c. sempurna
d. sakinah
4. Tempat membina ketenteraman suasana hati, perasaan, atau jiwa anak-anak
dan anggota keluarga lainnya merupakan fungsi pranata keluarga sebagai ....
a. fungsi reproduksi
b. fungsi afeksi
c. fungsi sosialisasi
d. fungsi distribusi
5. Fungsi sosial keluarga sebagai fungsi pendidikan artinya ....
a. keluarga merupakan tempat rekreasi
b. keluarga merupakan pusat pendidikan agama
c. keluarga merupakan satu-satunya pranata pendidikan
d. keluarga memberikan perlindungan fisik dan sosial
Bentuk Portofolio
Isikan kolom di bawah ini fungsi dari tiap-tiap pranata!
Pranata Fungsi
1. Pranata ekonomi
2. Pranata politik
3. Pranata keluarga
4. Pranata pendidikan
5. Pranata agama
................................2007
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(_______________) (_________________)
NIP. ......................... NIP. ...........................
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 35
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SMP/MTs : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 4 jam pembelajaran
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 6.3 Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan
sosial
Indikator : 1. Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga
dan masyarakat
2. Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial di masyarakat
3. Mengidentifikasi contoh penyimpangan sosial yang
terjadi dalam keluarga dan masyarakat
4. Mendeskripsikan sikap simpati terhadap perilaku penyimpangan
5. Mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku penyimpangan
6. Mendeskripsikan sifat-sifat penyimpangan
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
1. mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat;
2. mengidentifikasi berbagai penyakit sosial di masyarakat;
3. mengidentifikasi contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga
dan masyarakat;
4. mendeskripsikan sikap simpati terhadap perilaku penyimpangan;
5. mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku penyimpangan;
6. mendeskripsikan sifat-sifat penyimpangan.
B. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga,
dan masyarakat;
2. berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan
masyarakat.
C. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. diskusi;
2. tanya jawab;
3. ceramah bervariasi;
4. stimulus observasi.
36 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan Ke-2
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Apakah yang dimaksud penyimpangan sosial?
b. Motivasi : Bagaimanakah cara menghadapi orang yang melakukan
penyimpangan?
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan
masyarakat.
b. Siswa diminta menyebutkan berbagai penyakit sosial di masyarakat.
c. Guru membagi siswa menjadi empat kelompok. Setiap kelompok
menerangkan bentuk-bentuk penyimpangan sosial dan contohnya dalam
keluarga dan masyarakat.
d. Salah satu perwakilan dan masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil diskusi.
e. Guru mengawasi diskusi dan memberi penilaian.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis dan penugasan
b. Refleksi : Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk penyimpangan
sosial dan penyakit sosial di lingkungan tempat tinggalnya.
Pertemuan Ke-3
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Bagaimana cara menunjukkan sikap simpati terhadap
perilaku penyimpangan sosial?
b. Motivasi : Mengapa perilaku menyimpang selalu ada di sekitar
kehidupan kita?
2. Kegiatan Inti
a. Guru menerangkan sikap simpati terhadap perilaku penyimpangan.
b. Guru melakukan tanya jawab tentang sifat orang yang melakukan
penyimpangan.
c. Siswa membuat kesimpulan terhadap apa yang disampaikan guru.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis
b. Refleksi : Siswa dapat menunjukkan sikap simpati terhadap perilaku
penyimpangan, bentuk-bentuk, dan sifat-sifat penyimpangan.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber dan media pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. buku Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi SMP kelas VIII, terbitan PT. Tiga
Serangkai;
2. gambar-gambar perilaku penyimpangan.
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 37
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
c. Tes lisan
2. Bentuk Instrumen
a. Daftar pertanyaan
b. Tes uraian
c. Lembar diskusi
3. Soal/Instrumen
a. Tes uraian
1) Apakah penyebab terjadinya perkelahian antarpelajar?
2) Mengapa kita perlu bersimpati terhadap para pelaku penyimpangan?
b. Penugasan
Buatlah karangan dengan topik penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan
sosial!
c. Diskusi
Diskusikan bagaimana cara menghindari melakukan perilaku penyimpangan.
Bentuk tes tertulis dan portofolio
Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (x) pada a, b, c,
atau d!
1. Faktor penyebab perilaku menyimpang dari dalam (intrinsik) adalah ....
a. kedudukan dalam keluarga
b. rumah tangga
c. pergaulan
d. media massa
2. Hal yang tidak menjadi penyebab perilaku menyimpang yang diakibatkan
beberapa unsur kebudayaan adalah ....
a. agama
b. ekonomi
c. organisasi kemasyarakatan
d. perbedaan pola tingkah laku
3. Perilaku menyimpang bersumber pada ....
a. pergaulan yang sama
b. pergaulan yang berbeda
c. pergaulan yang seragam
d. pergaulan yang benar
38 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
4. Tolok ukur menyimpang atau tidaknya suatu perilaku ditentukan oleh ....
a. norma
b. norma dan nilai-nilai
c. nilai sosial
d. hubungan sosial
5. Pemakai narkotika adalah bentuk penyimpangan ....
a. kelompok
b. individu
c. campuran
d. massal
Bentuk instrumen portofolio
Isilah kolom di bawah ini
No. Jenis Markoba Efek
1. Jenis psikotropika
2. Jenis adiktif
3. Jenis narkotika
................................2007
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(_______________) (_________________)
NIP. ......................... NIP. ...........................
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 39
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SMP/MTs : ....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 4 jam pembelajaran
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 6.3 Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan
sosial
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian tentang pengendalian
sosial
2. Menyebutkan jenis-jenis, tujuan, sifat, dan cara pelaksanaan
pengendalian penyimpangan sosial
3. Mendeskripsikan alat dan macam pengendalian penyimpangan
sosial
4. Mengidentifikasi cara pengendalian penyimpangan
sosial, pihak pengendali, dan yang dikendalikan
5. Mendeskripsikan peranan pranata sosial dalam pengendalian
penyimpangan sosial
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
1. mendeskripsikan pengertian tentang pengendalian sosial;
2. menyebutkan jenis-jenis, tujuan, sifat, dan cara pelaksanaan pengendalian
penyimpangan sosial;
3. mendeskripsikan alat dan macam pengendalian penyimpangan sosial;
4. mengidentifikasi cara pengendalian penyimpangan sosial, pihak pengendali,
dan yang dikendalikan;
5. mendeskripsikan peranan pranata sosial dalam pengendalian penyimpangan
sosial.
B. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran yang digunakan pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. pengertian pengendalian penyimpangan sosial;
2. jenis-jenis, tujuan, sifat, dan cara pelaksanaan pengendalian penyimpangan
sosial;
3. alat dan macam pengendalian penyimpangan sosial;
4. cara pengendalian penyimpangan sosial, pihak pengendali, dan yang
mengendalikan;
5. peranan pranata sosial dalam pengendalian penyimpangan sosial.
40 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
C. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan dalam bab ini adalah sebagai berikut:
1. ceramah bervariasi;
2. diskusi;
3. inkuiri;
4. tanya jawab;
5. simulasi;
6. observasi/pengamatan.
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan Ke-2
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Sebutkan jenis-jenis penyimpangan sosial di sekitar
tempat tinggalmu!
b. Motivasi : Guru menceritakan peristiwa-peristiwa sosial di lingkungan
sekolah dan sekitarnya.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dibagi dalam empat kelompok belajar.
b. Setiap kelompok diberi tugas sebagai berikut.
Kelompok I : mengidentifikasi berbagai penyakit sosial.
Kelompok II : mengidentifikasi penyimpangan sosial di dalam
keluarga dan masyarakat.
Kelompok III : mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial
dalam keluarga dan masyarakat.
Kelompok IV : mendeskripsikan upaya pencegahan penyimpangan
sosial.
c. Setiap kelompok membuat laporan dan mempresentasikan di depan
kelas.
d. Guru melakukan tanya jawab tentang penyimpangan sosial dan bentukbentuk
penyimpangan sosial.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis
b. Refleksi : Siswa membuat kesimpulan tentang isi diskusi.
Pertemuan Ke-3
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : Berilah contoh penyimpangan sosial yang ada di sekitar
kalian!
b. Motivasi : Siswa diminta untuk saling memberikan contoh bentuk
penyimpangan sosial dalam keluarga yang ada di TV
tentang keluarga selebritis.
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 41
2. Kegiatan Inti
a. Guru melakukan tanya jawab tentang peran keluarga dalam membentuk
kepribadian anak.
b. Guru memberikan contoh penyimpangan dalam membentuk kepribadian anak.
c. Siswa mampu membedakan jenis penyimpangan sosial dalam keluarga
dan penyimpangan sosial dalam masyarakat.
3. Penutup
a. Penilaian : Tes tertulis
b. Refleksi : Siswa menyimpulkan tentang pengaruh penyimpangan sosial
dalam keluarga dan masyarakat terhadap kepribadian anak.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber dan media pembelajaran pada bab ini adalah sebagai berikut:
1. buku Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi SMP, kelas VIII, terbitan PT Tiga
Serangkai;
2. koran;
3. majalah;
4. internet.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes lisan
b. Tes tertulis
c. Tes unjuk kerja
d. Penugasan
e. Demonstrasi/simulasi
f. Observasi
2. Bentuk Instrumen
a. Daftar pertanyaan
b. Tes lisan singkat
c. Tes pilihan ganda
d. Tes uraian
e. Pekerjaan rumah
f. Simulasi (rubrik)
g. Lembar observasi (rubrik)
3. Soal/Instrumen
a. Jelaskan pengertian penyimpangan sosial!
b. Sebutkan bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan
masyarakat!
c. Sebutkan contoh-contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam
keluarga dan masyarakat!
42 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
Bentuk tes tertulis (pilihan ganda)
Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf
a, b, c, atau d!
1. Aparat pemerintah Indonesia yang bertugas menjaga keamanan dan
ketertiban masyarakat adalah ....
a. polisi
b. petugas jaga malam
c. petugas pemadam kebakaran
d. petugas kebersihan lingkungan
2. Yang bertugas menetapkan dan menjatuhkan berdasarkan data dan
keterangan resmi yang diungkapkan dalam persidangan adalah ....
a. jaksa
b. hakim
c. panitera
d. pembela
3. Segenap cara dan proses yang ditempuh sekelompok orang atau masyarakat
sehingga para anggotanya dapat bertindak sesuai dengan harapan kelompok
atau masyarakat merupakan definisi ....
a. penyimpangan
b. penyimpangan sosial
c. pengendalian penyimpangan sosial
d. sosialisasi
4. Pengendalian yang dilakukan sebelum terjadi pelanggaran disebut ....
a. pengendalian preventif
b. pengendalian represif
c. pengendalian edukatif
d. pengendalian deduktif
5. Peranan pranata yang ditakuti anggota masyarakat adalah peranan pranata
dari ....
a. adat
b. pengadilan
c. polisi
d. tokoh agama
................................2007
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(_______________) (_________________)
NIP. ......................... NIP. ...........................
KTSP IPS Geografi SMP 2 R1 43
Daftar Pustaka
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta:
Depdiknas
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah 2006. Jakarta: BSNP
Materi Total Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum SMP – SMA 2006.
Semarang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah
Panduan Workshop Sosialisasi Kurikulum 2006 untuk SMP. Surakarta: Dikpora
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Th. 2006 tentang Standar Isi. Jakarta:
Depdiknas
Tim Pengembang Kurikulum 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan – IPS.
Surakarta: Dikpora
44 KTSP IPS Geografi SMP 2 R1
Catatan:

Tidak ada komentar: